Selasa, 17 April 2012

Sarasehan Budaya Imbasadi 2012






Tahun ini Unnes menjadi tuan rumah untuk kegiatan Sarasehan Budaya Ikatan Mahasiswa Bahasa Daerah Indonesia (Imbasadi) 2012. Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari sejak tanggal 13-15 April 2012 bertempat di gedung B6 dan Ruang Bundar Dekanat Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) . Dan dihadiri oleh delegasi dari berbagai universitas di wilayah Jawa-Bali diantaranya Unpad , Upi, UI, Univet, UNS, IKIP PGRI Semarang, IHDN, UNUD.
Dalam kegiatan ini terdapat beberapa rangkaian acara, pada hari pertama yaitu Malam Penyambutan yang dibuka oleh bapak dekan FBS  yaitu Prof Agus Nuryatin. Acara tersebut juga diisi dengan pentas wayang Climen(sederhana) oleh Ki Jlitheng dengan lakon “Dewaruci”. Ing tanggal 14 April 2012 wonten Seminar kanthi irah-irahan “Transformasi Epos Ramayana dan Mahabarata di Nusantara”. Dalunipun dipun wontenaken Pagelaran Budaya. Saben Universitas mentasaken kesenian saking daerah asalipun, ugi dipun regengaken dening Gambang Semarang saing mahasiswa Unnes.

Sedangkan pada hari kedua ada Seminar Nasional dengan tema “Transformasi Epos Ramayana dan Mahabarata di Nusantara”, Dalam paparannya, Mu’jizah mengemukakan, alih wahana dapat dikatakan sebagai upaya pemerkayaan sastra. “Hal itu dapat memunculkan karya baru dan menyadarkan kita bahwa sastra dapat bergerak ke berbagai bidang seni,” katanya dihadapan ratusan peserta seminar.
Dia kemudian menyebutkan dua penyair sastra modern yang mengadaptasi Ramayana ke dalam puisi. “Soebagio Sastrowardojo menciptakan “Rahwana-Sita” dan Goenawan Mohamad membuat “Asmarandana”. Kedua penyair ini mempunyai interpretasi tersendiri tentang figur dan kesucian Sita,” ujarnya.
Dilanjutkan Sarasehan Budaya oleh para pengurus Imbasadi 2011. Lalu Orientasi Kampus yang dilakukan dengan cara ber-sepeda ria mengelilingi kawasan Unnes. Dan pada malam hari diselenggarakan Pentas Budaya yang ditampilkan oleh peserta Sarasehan dari tiap-tiap universitas. Mereka mementaskan macam-macam kesenian dari masing-masing daerah. Acara juga diramaikan kesenian Gambang Semarang dari Mahasiswa Unnes.
 Dan pada hari ketiga, para peserta diajak melakukan Bakti Sosial di Kelurahan Sekaran Di depan tiap-tiap gang di kelurahan Sekaran Gunungpati, Semarang, kini bertuliskan aksara Jawa. Papanisasi di lingkungan kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu merupakan kontribusi peserta Sarasehan Mahasiswa Bahasa Daerah se-Indonesia (Imbasadi) regional Jawa-Bali yang dilakukan Minggu (15/3). Dan acara ini di akhiri dengan wisata, peserta Imbasadi di ajak berwisata ke beberapa tempat wisata di sekitar Semarang seperti Sam Poo Kong dan Lawang Sewu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar